Minggu, 08 Mei 2011

Simak UI 3 Juli 2011

Seleksi Entry (SIMAK) Univ. Indonesia merupakan pola seleksi yang tidak membedakan jenis kelamin, agama, etnis, ras, status sosial dan tingkat kemampuan ekonomi. SIMAK-UI adalah seleksi masuk ke tingkat S1 program Reguler, kejuruan (D3), S1 dan S1 Paralel Khusus Kelas Internasional (KKI), S2, dan S3 di profesi yang sama. Dalam upaya kesempatan yang sama untuk mempelajari UI, lalu-UI SIMAK dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga siswa atau siapapun yang ingin masuk UI untuk mengikuti seleksi di beberapa lokasi kota terdekat ke rumah mereka, tanpa harus datang ke Depot. Untuk TA 2011/2012, diikuti Permendiknas 34/2010, maka-UI SIMAK direncanakan pada tanggal 3 Juli 2011. 
NON-UI SIMAK MANDIRI jalur, dan UI tidak memiliki HS lagu. Untuk Tingkat S1 Reguler, pendidikan adalah biaya yang sama jika diterima melalui jalur lain seperti jalur PPKB (PMDK), SNMPTN dan Prestasi. Besarnya Biaya Pendidikan S1 Reguler didasarkan pada keadilan, mengandalkan kemampuan orang tua / wali. 
Pendaftaran Online direncanakan 03-24 Juni 2011. Dengan ujian-SIMAK UI sekali, siswa dapat memilih SMA S1 Reguler, kejuruan (D3), Paralel S1, atau S1 Kelas Khusus Internasional (KKI). 


S1 Reguler 
Komponen Biaya Pendidikan (BP) adalah persemester BOP besar MIN Rp 100.000, - untuk MAX 5.000.000, Rp - IPS PS kelompok dan MAX Rp 7.500.000, - IPA PS kelompok tergantung pada kemampuan orang tua / wali, dimana ada tidak ada biaya lagi SKS, biaya laboratorium dan biaya tambahan lainnya. 
Komponen lain dari BP Dermaga Uang dibayarkan sekali pada saat masuk (dapat dibayar dengan angsuran) jumlah NOL sampai MAX 5JT, Rp 10jt atau 25jt (tergantung fakultas).Nilai dasar uang tergantung pada kemampuan orang tua / wali. 
Biaya Pendidikan S1 Reguler jika tidak dapat ditentukan, setelah mahasiswa yang diterima seleksi. Kehakiman berdasarkan dokumen yang menunjukkan ketidakmampuan orang tua / wali membayar biaya pendidikan maksimal. 
Tidak seperti SNMPTN yang hanya menerima siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN), SIMAK-UI untuk menerima siswa yang tidak mengikuti UN namun memiliki diploma A level atau IB Diploma. 

Kejuruan (D3) 
Program ini merupakan program pendidikan kejuruan dalam pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan personil yang dapat membangun keahlian dan keterampilan di lapangan, siap bekerja dan mampu bersaing secara global. Program ini merupakan kesempatan bagi lulusan sekolah menengah (tanpa batasan usia dan tahun lulusan) yang ingin melanjutkan pendidikan mereka dengan kurikulum berbasis pada keahlian profesional.Biaya pendidikan dalam program kejuruan telah sangat subsidi dan Universitas, tetapi tidak ada BOP-Keadilan. 

S1 Paralel 
Program S1 paralel diadakan untuk membuka kesempatan bagi lulusan sekolah menengah (tanpa batasan usia dan tahun lulusan) yang ingin melanjutkan pendidikan mereka dengan kurikulum berbasis ilmu pengetahuan. Kurikulum, fasilitas dan staf pengajar bersama-sama dengan program pendidikan lainnya di UI. Paralel biaya pendidikan S1 terus mensubsidi mereka University, tetapi tidak ada BOP-Keadilan. 

S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) 
Adalah program pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang tentu saja instruksi. Program ini diselenggarakan oleh Universitas Indonesia atas dasar kerjasama antara Universitas Indonesia dengan universitas mitra di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi dalam negeri. 
- Gelar tunggal, adalah sebuah program yang memiliki kurikulum khusus KKI untuk memberikan kempatan kepada siswa untuk mengikuti kuliah atau pengalaman magang di universitas mitra di luar negeri selama beberapa bulan. Siswa hanya akan memperoleh gelar dari UI. 
- Gelar Ganda, KKI adalah sebuah program yang memiliki kurikulum khusus untuk memberikan siswa kesempatan untuk belajar di UI dan Universitas Mitra UI dengan skema studi di universitas mitra di luar negeri selama 2-4 semester. Siswa akan memperoleh gelar dari UI dan dari Universitas Partners UI juga. 

Kapasitas 
Setelah Permendiknas 34/2010, maka kapasitas di S1 Reguler UI-SIMAK akan berkisar antara 15-25% (Kapasitas seleksi yang diselenggarakan oleh garis% dikurangi kapasitas 40 PTN PPKB / PMDK UI 15-25%). Untuk informasi tambahan, UI akan menerima mahasiswa melalui jalur undangan SNMPTN S1 Reguler sekitar 40% (pemberitahuan undangan dengan SNMPTN belum menentukan evaluasi dan penentuan UI sama dengan jalur PPKB / PMDK), sedangkan 20% sisanya melalui SNMPTN titik ujian tertulis.


Sumber : UI
Reaksi: